ID Desa
253
Kode Desa
35.20.18.2002
Kecamatan
Sidorejo
Nama Desa
Campursari
Nama Kepala Desa
I S T A M A R
Kode Pos
63319
Telepon
351895661
Email
campursari.desaku@gmail.com
Alamat Kantor
Jalan Raya Sarangan km 1 RT 1/3 Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur

4.1.1  Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Campursari harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Campursari merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap enam tahun sekali. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai visi Desa. Pernyataan Visi Desa Campursari  adalah :TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA CAMPURSARI YANG ADIL, MAKMUR, SEJAHTERA LAHIR DAN BATIN “

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 

     4.1.2  Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain misi merupakan penjabaran lebih operatif dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai visi desa  selama masa lima tahun.

Untuk meraih visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah misi desa  sebagai berikut:

  1. Melaksanakan/mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sebagai wujud peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
  3. Mengembangkan kehidupan masyarakat untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang taat kepada peraturan perundang-undangan dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat yang aman,tertib,tentram dan damai serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia
  4. Tewujudnya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang ditandai terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja,
  5. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik.
  6. Meningkatkan sumberdaya ( SDM ) masyarakat petani di Desa Campursari dengan mendorong dan membina Kelompok Tani sebagai wadah kegiatan para petani agar menjadi petani yang maju.
  7. Pengembangan sektor pertanian dan perdagangan yang berorientasi pada mekanisme pasar.
  8. Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah
  9. Pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya UMKM (Usaha Kecil Menengah dan Mikro) yang berdaya saing tinggi.
  10. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.
  11. Meningkatkan kemajuan dan kemandirian melalui pemberdayaan masyarakat dalam lembaga desa dan penyelenggaraan otonomi desa yang bertanggung jawab dengan dukungan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih,transparan dan profesional.

2.1.1 Sejarah Desa

 

Dari hasil penelusuran ke masyarakat tidak dapat diperkirakan kapan awal  terbentuknya Desa Campursari.

Namun asal kata Desa Campursari, dapat ditelusuri dari berbagai nara sumber, bahwa nama desa ini diambil dari Bahasa Jawa yaitu : “Campursari yang artinya campuran dari beberapa karekter yang berbeda  ). Dahulu kala awal mula waktu baru dibuka ( bahasa jawa “ babat “ ) pendiri Desa Campursari Dibentuk Karena Perpaduan dari beberapa golongan. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi halaman Media Sosial Desa Campursari.

. Adapun daftar nama – nama Kepala Desa Campursari dari awal berdirinya desa adalah sebagai berikut :

NO

NAMA

TAHUN

1

SAMSU WONGSODIRYO

1900 - 1942

2

DIKUN SOMO DIRJO

1942 - 1945

3

SUJARWO SASTRODIHARJO

1945 - 1978

4

KARNEN DARMOSUWITO

1978 - 1984

5

SUTRISNO

1984 - 2002

6

PARMIN

2002 - 2013

7

PARNI

2013 - 2019

8

ISTAMAR

2019 - Sekarang