ID Desa
248
Kode Desa
35.20.17.2006
Kecamatan
Nguntoronadi
Nama Desa
Simbatan
Nama Kepala Desa
Dr. NUR HIDAYAT CN. S.T.,MMT
Kode Pos
63385
Telepon
Email
pemdesasimbatan@gmail.com
Alamat Kantor
Jl. Sekolahan No. 07 Kode Pos 63385 Email : pemdesasimbatan@gmail.com

''Terwujudnya Desa Simbatan yang Maju, Sejahtera, Berbudaya dan Berakhlak Melalui Peningkatan Perekonomian dan Kualitas Sumber Daya Manusia”


Desa Simbatan adalah salah Desa yang berkembang, desa yang saat ini dipimpin oleh Bapak Dr. M.Nur Hidayat Cahyono, S.T.,MMT selaku Kepala Desa satu periode ini memiliki Visi "Terwujudnya Desa Simbatan yang Maju, Sejahtera, Berbudaya dan Berakhlak Melalui Peningkatan Perekonomian dan Kualitas Sumber Daya Manusia''. Visi ini selaras dengan kondisi Desa Simbatan yang memiliki destinasi wisata budaya pertitaan “Dewi Sri” yang mempunyai luas wilayah 277,4 Ha  dan penduduk 3.337 jiwa.

              Saat ini Pemerintahan Desa Simbatan terus berbenah dari pemerintahan hingga tata kelola, bidang Wisata dan pembangunan. Karena dengan bertumbuhnya sektor-sektor perekonomian disekitar kawasan perdesaan maka Desa Simbatan harus menyiapkan SDM yang mumpuni dalam sektor pariwisata dan pertanian. Namun sebagai desa yang bercita-cita menjaga dan melestarikan budaya leluhur hingga saat ini Desa Simbatan masih menjadi salah satu desa yang kuat menjaga adat istiadat dan melestarikan budaya warisan nenek moyangnya.

Desa Simbatan Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan  awal mulanya terdiri dari  3 desa yang digabung jadi satu Desa Simbatan.Tiga desa itu adalah : (1) Desa  Mbatan  ( Simbatan Wetan ). (2) Desa Ngesut. (3). Desa Cengkong  ( Simbatan Kulon ) Kecamatan Takeran  Kabupaten Magetan. Pada tahun 1923  diadakan pemilihan Kepala Desa  dengan  memasukkan lidi/biting kalau sekarang kartu suara dan ternyata yang dipilih masyarakat  sdr.SAIDI SOEMODIHARDJO tepatnya tanggal 1 Desember 1923 dan langsung menjabat.

Pada tanggal  1 Desember 1923 tiga Desa tersebut digabung   menjadi satu yaitu Desa Simbatan Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, yang konon kabarnya oleh bangsa Belanda penduduk Desa Simbatan  dinilai patuh pada peraturan sehingga nama Simbatan  dikandung maksud :  SIMpati ngemBAT pranaTAN. Desa-desa tersebut dijadikan Dukuhan  antara lain : (1) Dukuh Simbatan Wetan. (2) Dukuh Ngesut. (3) Dukuh Simbatan Kulon kemudian Dukuh-dukuh tersebut itu sekarang menjadi dusun.

Pada tahun 2005 karena pemekaran wilayah, Desa Simbatan lepas dari Kecamatan Takeran gabung  9 desa menjadi Kecamatan Nguntoronadi.

Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Simbatan :

  1. Tahun 1923 -  Tahun  1986      SAIDI SOEMODIHARDJO
  2. Tahun 1987 -  Tahun  1991      DAMARURI
  3. Tahun 1993 -  Tahun  2002      M.YUSUF  ACHMADI
  4. Tahun 2002 -  Tahun  2007      SAUJI HADI SAPUTRO
  5. Tahun 2007 -  Tahun  2013      SAUJI HADI SAPUTRO
  6. Tahun 2013 -  Tahun  2019      SUGIANTO
  7. Tahun 2019 - Sekarang            Dr. NUR HIDAYAT CAHYONO, S.T.,MMT