https://goo.gl/maps/F15HErMTQEhLmRqf7
ID Desa
237
Kode Desa
35.20.16.2007
Kecamatan
Ngariboyo
Nama Desa
Balegondo
Nama Kepala Desa
DRS. SUROSO
Kode Pos
63351
Telepon
82136379770
Email
balegandon@gmail.com
Alamat Kantor
JL. SULTAN AGUNG RT. 01 RW. 02 DS. BALEGONDO KEC. NGARIBOYO KAB. MAGETAN

Motto :

" NUNGGAL ROSO MBANGUN DESO "

 

Visi :

Membangun dan mengembangkan potensi desa menju BALEGONDO "MANTAB '  ( MAJU, AMAN, NYAMAN, TERTIB, AMANAH, BAROKAH)

 

Misi :

  1. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara efektif, cepat, tepat dan smart yang berbasis data
  2. Mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, transparan dan amanah dengan semangat pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, berorientasi pada pembangunan infrastruktur antar dusun, pembenahan lapangan desa serta penataan bangunan kantor desa.
  4. Memberdayakan ekonomi desa yang berbasis ekonomi kerakyatan berorientasi pada pengembangan industri kecil, peternakan dan pertanian.
  5. Mewujudkan Badan usaha Milik Desa BUMDES sebagai pilar penyangga ekonomi desa.
  6. Meningkatkan peran pemuda dlm olahraga dan kepemudaan dalam rangka mempersiapkan kader-kader masa depan desa.
  7. Meningkatkan kehidupan beragama dan kehidupan bermasyarakat, sehingga terwujud suasana ta'aruf, tafahum, ta'awun (saling mengenal, saling memahami, dan saling membantu) dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat.

SEJARAH DESA BALEGONDO 

 

Pada jaman dahulu , di desa ini ada seorang tua / sesepuh yang sangat di segani Karena kesaktiannya dan suka menolong orang lain , adapun orang tua tersebut berasal dari salah satu abdi dalem kerajaan mataram , dan ingin sekali membuat padepokan di dusun Gandon, karena pada waktu itu Gandon masih hutan dan disebelah barat dusun banyak tanaman lengkuyang maka orang tua tersebut  menyebut daerah yang untuk memulai perjalanannya ke daerah tersebut diberi nama Kuyangan . Setelah itu melanjutkan perjalanan sambil membabat hutan dan diikuti oleh pengikutnya dan selang beberapa hari sampailahdi pinggiran desa merubah dari hutan menjadi tempat tinggal yang sekarang disebut dengan Robahan, dan melanajutkan perjalanan membabat hutan di daerah timur dari kegiatan membabat hutan tempat tersebut diberi nama babadan, selanjutnya menlanjutkan kesebelah barat disitu terdapat hutan dengan pohon yang besar terlihat angker lalu  hutan yang sudah sangat lama/ tua maka tempat tersebut diberi nama Alastuwo. Setelah di beberapa tempat tersebut dihuni olah para pengikutnya dengan mendirikan rumah dan setiap rumah didepannya terdapat tanaman bunga yang harum baunya sehingga orang-orang menyebutnya depan { Bale } harum baunya { Gondo } maka terjadilah suatau desa yang diberi nama DESA BALEGONDO.

Demikian sejarah singkat asal mula nama Desa Balegondo  , Kecamatan Ngariboyo , Kabupaten Magetan , Jawa Timur