ID Desa
166
Kode Desa
35.20.11.2001
Kecamatan
Maospati
Nama Desa
Sugihwaras
Nama Kepala Desa
WIGNYO MARTONO
Kode Pos
63392
Telepon
Email
kantord35@gmail.com
Alamat Kantor
Jl. Raya Magetan-Madiun Desa Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana DESA SUGIHWARAS harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, aspiratif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s. 

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka menengah yang ingin diraih oleh Kepala Desa yang dirumuskan selama 6 tahun kedepan. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Kepala Desa.  Adapun Visi Kepala Desa Sugihwaras adalah sebagai berikut :

“ TERWUJUDNYA MASYARAKAT SUGIHWARAS YANG SEHAT, CERDAS, SEJAHTERA YANG BERKEADILAN SOSIAL

  1. Sehat ; mengandung arti sehat jasmani dan Rohani. Masyarakat yang sehat jasmani dan Rohani merupakan modal utama untuk meraih tujuan hidup yaitu sejahtera lahir dan batin, bahagia dunia dan akhirat.
  2. Cerdas ; merupakan modal utama untuk mencapai tujuan hidup, masyarakat yang cerdas akan mudah meraih cita-cita hidup dan tidak gampang terpengaruh hal-hal yang negatif dan melahirkan gagasan yang cemerlang untuk mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera. Sebaliknya masyarakat yang tidak cerdas akan mudah diperalat dibohongi dan kemiskinan sehingga tujuan sejahtera akan sulit diraih.
  3. Sejahtera; Artinya tercukupinya kebutuhan dasar hidup bagi masyarakat.
  4. Berkeadilan Sosial ; merupakan tujuan pemerintah desa dalam membangun masyarakat DESA SUGIHWARAS

 

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibandingkan dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

  1. Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakikat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi Kepala Desa / Kepala DESA SUGIHWARAS seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi DESA SUGIHWARAS sebagai berikut:

  1. Bidang Pemerintahan
    • Meningkatkan SDM aparatur Desa,
    • Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang lebih baik,
    • Memberdayakan kelembagaan masyarakat,
    • Memberdayakan LINMAS Desa,
    • Sertifikasi Tanah dan,
    • Meningkatkan ketertiban, keamanan serta pengendalian dan pengawasan Penyakit Masyarakat.

 

 

  1. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
    • Meningkatkan sarana dan prasarana umum
    • Meningkatkan sarana dan prasarana pertanian
    • Meningkatkan sarana dan prasarana Transportasi
    • Memberdayakan dan meningkatkan swadaya masyarakat
    • Memanfaatkan sumberdaya alam dan pemanfaatannya
    • Memelihara sarana dan prasarana keamanan
    • Memelihara dan meningkatkan sarana peribadahan
    • Memelihara sarana dan prasarana pendidikan
    • Meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan
    • Meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan

 

  1. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
    • Membina kerukunan umat beragama
    • Memelihara dan meningkatkan kemakmuran tempat ibadah
    • Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembinaaan usaha kecil
    • Meningkatkan kecerdasan warga
    • Memberdayakan dan memelihara hidup gotong royong
    • Memberdayakan lembaga kemasyarakatan Desa
    • Memberdayakan dan pembinaan karang taruna
    • Pembinaan terhadap pendidikan anak dan remaja
    • Melestarikan budaya dan kesenian daerah

 

  1. Bidang Pemberdayaan Masyarakat
  • Mengadakan pelatihan/ketrampilan siap menghadapi dunia kerja
  • Membentuk dan mengembangkan BUMDesa serta penguatan permodalan BUMDesa dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada dapat dioptimalisasikan sektor pertanian baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.
  • Mengoptimalkan sektor pertanian, baik pada tahap produksi maupun tahap pengelolaan hasil

Dari bidang Pemerintahan, bidang pembangunan, bidangkemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat tersebut terangkum misi DESA SUGIHWARAS, yaitu ;

  1. Mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan terampil yang mampu melaksanakan pembangunan secara partisipatif di DESA SUGIHWARAS melalui pemberdayaan dan pelatihan – pelatihan.
  2. Menyediakan dan memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta berkeadilan.
  3. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembinaaan usaha kecil dan penguatan bantuan modal.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan.
  5. Mewujudkan kualitas masyarakat sebagai sumber daya pembangunan yang beriman dan bertaqwa.
  6. Meningkatkan pelayanan Administrasi, pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan dan karang taruna.
  7. Mengurangi angka stunting dan gizi buruk masyarakat desa.
  8. Membentuk dan mengembangkan BUMDesa serta penguatan modal BUM Desa dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada.
  9. mengoptimalakan sektor pertanian dan industri rumah tangga baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.

 

 


Pada jaman Dahulu Desa Sugihwaras berasal dari 3 Desa yang berbeda dan mempunyai pimpinan sendiri –sendiri juga . Desa dan pimpinan yang di maksud adalah: Desa Brancang dengan Pimpinannya bergelar Palang ( sekarang menjadi Dukuh Brancang ) Desa Plerenan dengan Pimpinannya bergelar Bekel atau Demang (sekarang menjadi Dukuh Plerenan ) Desa Sungwi dengan Pimpinannya bergelar Ki Buyut ( sekarang menjadi Dukuh Sungwi ) Asal Muasal Desa Brancang adalah pada masa pemberontakan Trunojoyo yang melarikan diri ke arah timur .Raja Mataram memerintahkan Prajurit Wirotamtomo untuk melakukan

 

penghadangan atau pencegatan (cegat = Brancang , Jawa ) . Caranya adalah dengan mengutus seorang prajurit untuk pemukiman di daerah yang akan digunakan untuk penghadangan tersebut . sehingga tempat tersebut di namakan Desa Brancang . Sebagian Prajurit melanjutkan perjalanan, belum jauh dari Brancang mereka beristirahat ( Istirahat = Leren , Jawa ). Di tempat ini juga di tugaskan Prajurit untuk membuka pemukiman yang kelak di beri nama Desa Plerenan . Belum jauh dari Desa Plerenan, Prajurit Wirotamtomo kehabisan perbekalan makanan. Pimpinan Prajurit memerintahkan untuk mencari Ubi Hutan (Ubi = Uwi ,Jawa ) di satu tempat yang diyakini banyak terdapat Ubi Hutan ( banyak = ngesung atau ngesong , jawa ) . Setelah memperoleh banyak perbekalan Ubi Hutan , maka di tugaskanlah Prajurit untuk membuka pemukiman yang akan di beri nama Desa Sungwi yang berasal dari kata “Ngesung “ dan “Uwi”. Pada Tahun 1904 di lakukan kasutan atau penggabungan dari ketiga desa tersebut di atas menjadi Desa Sugihwaras . Desa Brancang, Desa Plerenan dan Desa Sungwi menjadi Dukuhan yang masuk wilayah Desa Sugihwaras.

Adapun DESA SUGIHWARAS sekarang dibagi menjadi 3 Dukuhan :

  1. Dukuh Plerenan
  2. Dukuh Sungwi
  3. Dukuh Brancang