ID Desa
132
Kode Desa
35.20.08.2017
Kecamatan
Panekan
Nama Desa
Jabung
Nama Kepala Desa
Wito
Kode Pos
63352
Telepon
62351891591
Email
pemdesjabung.panekan@gmail.com
Alamat Kantor
Jl. Raya Jabung No. 17 Jabung

VISI DAN MISI

     Tercapainya keberhasilan pembangunan tidak lepas dari penetapan arah dan tujuan pembangunan yang tepat, yang dirumuskan dalam bentuk Visi, Misi priotitas dan sasaran pembangunan.

 

 1. Visi

     Visi adalah gambaran mengenai masa depan dan masa sekarang dengan dasar logika dan makna secara bersamaan selanjutnya memberi ilham dan naluri yang mensyaratkan harapan dan kebanggaan apabila berhasil. Untuk itulah Pemerintah Desa Jabung dalam mencapai cita-citanya memiliki visi "Terwujudnya Kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa Jabung dengan  peningkatan Simber daya Manusia serta hidup rukun, gotong royong  mandiri dan bermartabat” Terwujudnya Kemakmuran artinya dengan usaha yang dilakukan, tingkat pendapatan masyarakat akan naik dan tingkat pengeluaran akan menurun. Kesejahteraan artinya kesejateraan masyarakat akan terjadi manakala disetiap warga  mampu memenuhi kebutuhan lahir dan batin .Meningkatnya Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM  adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri melalui pendidikan formal maupun non formal serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

     Hidup Rukun artinya secara bersama-sama dan saling menghormati  baik masyarakat, pemerintahan desa, maupun pihak yang berkepentingan sehingga terwujud tatanan kehidupan yang dinamis. Gotong royong artinya kondisi masyarakat  yang menjunjung tinggi budi pekerti, adat istiadat dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat,  Mandiri artinya Kebutuhan dasar  berupa kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan dasar lainnya tidak bergantung pada orang lain. Bermartabat artinya tata kehidupan masyarakat yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Misi

            Misi adalah kebutuhan tekad tentang spesifikasi tujuan, arah pemanfaatan sumberdaya dari visi agar salah satu tujuan / arah kegiatan atau organisasi dapat direncanakan sesuai dengan cita-cita yang diinginkan. Untuk mewujudkan Visi tersebut maka dirumuskanlah Misi Pemerintah Desa Jabung sebagai berikut :

  • Meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat
  • Meningkatkan pembangunan Insfratruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian desa di segala sektor dengan meningkatkan kualitas SDM yang profesional dan pengelolaan SDA yang berwawasan lingkungan.
  • Meningkatkan perekonomian, kesejahteraan masyarakat dan kesetaraan gender
  • Mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa yang menyatu dengan masyarakat
  • Mewujudkan suasana yang aman,damai dan guyup rukun
  • Menjadikan Desa Jabung sebagai Desa Wisata unggulan