ID Desa
95
Kode Desa
35.20.06.2009
Kecamatan
Magetan
Nama Desa
Candirejo
Nama Kepala Desa
AGUS SETIYONO, SH
Kode Pos
63351
Telepon
6282228501717
Email
Desacandirejo12@gmail.com
Alamat Kantor
Jalan Raya Sarangan No. 15

Visi

Proses penyusunan RPJM Desa Candirejo sebagai pedoman program kerja pemerintah Desa Candirejo  ini dilakukan oleh lembaga-lembaga tingkat Desa dan seluruh warga masyarakat Desa, maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa adalah pedoman program kerja untuk masa lima tahun yang merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Desa Candirejo. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Candirejo. merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Candirejo  disebut juga sebagai Visi Desa Candirejo.

Walaupun visi Desa Candirejo  secara normatif menjadi tanggung jawab kepala Desa, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga Desa  melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi Desa Candirejo semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa Tahun 2014 – 2019. Dalam momentum inilah visi Desa Candirejo  yang merupakan harapan dan doa semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di Desa dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di Desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Candirejo, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Desa Candirejo sebagai berikut:

 

Terwujudnya  masyarakat  Desa  Candirejo  sejahtera yang bermartabat  dan  mandiri

 

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Candirejo Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Candirejo  yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, peternakan, pertukangan, dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

 

4.2. Misi

Hakekat Misi Desa Candirejo  merupakan turunan dari Visi Desa Candirejo. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Candirejo merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Candirejo.

Untuk meraih Visi Desa Candirejo seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Candirejo sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang baik, untuk pelayanan masyarakat yang tepat, cepat dan akurat
  2. Melaksanakan pembangunan infrastruktur desa, Infrastruktur pertanian, sarana pendidikan, sarana kesehatan dan sarana Perekonomian desa, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat
  3. Melaksanakan pembinaan kemasyarakan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan mutu Pendidikan formal dan non formal serta pengetahuan masyarakat,
  4. Melaksanakan Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan menengah, pertanian dan peternakan serta menanggulangi kemiskinan

Sejarah desa Candirejo ini bermula dengan di temukannya Candi Kodok yang terdapat di Desa Candirejo, Candi Kodok yang terdapat di desa Candirejo ini bukan candi yang asli melainkan hanya miniatur karena candi yang asli di bawa ke Solo.

 

       Candi Kodok terdiri dari sebuah arca berbentuk kodok yang diletakkan disebuah bangunan modern berdenah segi empat seluas 3 x 3 m. Bangunan tersebut selalu dalam keadaan terkunci.

 

Lokasi awal Candi Kodok berada di bawah pohon beringin berjarak 50 m di sebelah utara dari posisinya saat ini. Setelah pohon beringin ditebang, arca dipindahkan ke lokasinya saat ini dengan posisi hadap yang berubah dari arah selatan menjadi arah timur. Tahun pemindahan tidak diketahui secara pasti.  Arca kodok ini merupakan arca tinulat, sebab arca yang asli telah dibawa ke Solo.